Monday 9 April 2018

Cara Google Mengindex Website



Hay Gan, apakah kalian penasaran gimana sih cara google menemukan website atau halaman web kita? tenang disini admin akan share bagaimana sih cara google mengindex website.
Pendahuluan
Google adalah search engine atau mesin pencari yang paling sering di gunakan hampir di seluruh dunia. Di indonesia sendiri hampir 90% masyarakat menggunakan google sebagai mesin pencari informasi. Tak heran jika banyak blogger atau perusahaan berita online yang sangat membutuhkan ahli SEO untuk membuat situs mereka dapat berjaya di index pertama google. Kabar baiknya kalian gak butuh jasa SEO atau ahli SEO yang biayanya bisa jutaan rupiah untuk membuat situs kalian di index di halaman pertama google. SEO ITU MUDAH kalau tau caranya  , bagi kalian yang baru belajar SEO atau ingin membuat website kalian berada di puncak menara google pelajarilah cara google bekerja.
Googlebot
Apa itu google bot? atau sering di sebut spider atau perayap. google bot adalah sebuah mesin yang diciptakan oleh google untuk merayapi semua situs yang ada di internet dan kemudian memasukanya ke dalam index google. Untuk website yang berkategori berita google tidak menggunakan googlebot, melainkan googlebot-news, alasan singkatnya karena situs berita harus up to date makanya mesin perayap yang di gunakan adalah googlebot-news.“kalau gitu website ku tak bikin berkategori news ah biar cepet di index google” enggak bisa  . kalian gak bisa nentuin alat apa yang di pakai buat mengindex website kalian. karena google menggunakan algoritma kusus untuk mengkategorikan sebuah website.
Walaupun saat mendaftar webmaster kalian mencantumkan web kalian sebagai situs berita. selain googlebot dan googlebot-news, google juga menggunakan mesin lain untuk mengindex website seperti googlebot-images, mediapartners-google dan adsbot-google. Setiap search engine memiliki spidernya masing masing. seperti bing dengan msn bot dan yahoo dengan slurp.
Cara Kerja Googlebot
Inilah point penting pada artikel ini. jadi google bot itu bekerja dengan men-list berapa URL yang ada di situs kita di tambah dengan sitemaps yang kita daftarkan di webmaster. setelah itu googlebot akan mengunjungi website kita. saat mengunjungi website kita googlebot akan mendeteksi tautan seperi SRC (untuk gambar) dan HREF (untuk Link). itulah kenapa sitemap, gambar, internal dan external link sangat penting untuk SEO. selain itu karena google bot sudah berkunjung gak ada salahnya jika kita kasih dia penjelasan mengenai website kita dengan meta description.
Cara GoogleBot Mengakses Website
Setiap beberapa saat google bot akan mengakses situs kita untuk mengecek adakah artikel baru atau update-an pada situs kita. google hanya akan mengakses situs kita sekali saja (normalnya) dalam beberapa detik. tapi ada beberapa kasus yang membuat seolah olah traffic web kita naik secara drastis bukan karena pengunjung, tapi karena google bot yang gagal masuk ke jaringan server kita. inilah kenapa pemilihan web hosting dan server menjadi sangat penting bagi SEO.
Kenapa Website Tidak Bisa Di Index Google
Ada beberapa kasus dimana website kita sudah di optimasi dengan aturan aturan SEO Dewa tetapi tetap saja tidak muncul di halaman google. Jika kalian menemukan hal ini silahkan periksa file robots.txt kalian. karena bagaimanapun juga sebelum google menelusuri website kita dia akan meminta ijin ke server kita dengan mengakses file robots.txt. kesalahan isi dalam file robots.txt dapat membuat situs kalian akan sulit untuk di akses oleh google. kesalahan paling umum adalah file robots.txt tidak di tempatkan pada direktori root. maka dari itu jika situs kalian tidak di temukan oleh google segera periksa file yang ada di server kalian.
Web Master Tools
tak diragukan lagi, kita harus berterimakasih kepada google karena sudah menciptakan alat yang sangat keren ini. dengan alat inilah kita bisa mengoptimasi website kita dengan sangat mudah. bukan hanya google saja yang punya web master tools, jika website kalian ingin traffic yang tinggi, gunakan juga web master dari bing dan serach engine lainya.
Penutup
Itulah bagaimana google dapat mengindex situs kita, diharapkan setelah membaca artikel ini kalian sudah mengerti bagaimana cara google mengindex website kita. untuk membuat halaman website kita di halaman utama google tentunya bukan sesimple ini. masih banyak lagi hal hal tentang SEO yang harus kalian pelajari. ya seperti para ahli SEO katakan. SEO itu luas dan mencakup banyak hal. makanya kenapa orang yang ahli SEO bisa di gaji dengan angka yang cukup fantastis. tapi bukan berarti kita gak bisa. dengan mempelajari sedikit demi sedikit bisa saja kalian lah penerus para ahli SEO. ingat SEO akan tetap berganti seiring perkembangan teknologi.
Admin pernah belil buku tentang SEO dan cukup kecewa karena materi yang di sampaikan di buku itu menurut admin sudah kadaluarsa, padahal admin beli baru 6 bulan setelah di terbitkan. tapi trik yang di sampaikan sudah pernah admin lakukan semua tanpa buku. Intinya SEO itu langsung praktek karena teknologi terus berkembang, jika kalian belajar teori dulu, saat praktek keburu sudah berubah aturan aturan SEO nya 
Previous Post
Next Post

0 comments: