Saturday 7 April 2018

Aturan dasar penulisan code PHP

Author : Anonimokerl

Hae stah, kali ini mimin yang tamvan akan menjelaskan tentang aturan dasar penulisan code PHP.


Semua itu ada aturannya gan, termasuk aturan dasar penulisan code PHP. Langsung sadja gan ke aturan yang pertama :V

  • Case Sensitivity
Apa itu Case Sensitivity? Case Sentivity adalah perbedaan huruf besar dan kecil. PHP tidak membedakan huruf besar dan kecil untuk penamaan fungsi (function), nama class, maupun keyword bawaan PHP seperti echo, while, dan class, Karena ketiga baris itu akan dianggap sama dalam PHP.
Contoh :

<?php ECHO Nimo Gans”; Echo Nimo Gans”; EcHo Nimo Gans”; ECHo Nimo Gans”; EcHO Nimo Gans”; ?>
Berbeda dalam variabel. Dalam penamaan variabel besar kecilnya huruf sangat berpengaruh. Contohnya $Nimo $nimo dan $NIMO dianggap berbeda variabel. Biasanya hal inilah yang sering membuat error :V Untuk mengatasi masalah ini mimin sarankan untuk menggunakan huruf kecil untuk semua code PHP, termasuk fungi, class maupun variabel. Mimin  akan memberikan contoh yang benar dan mana yang salah :V
<?php $nimo="gans"; echo $Nimo; ?>
Keterangan :
Code diatas adalah code yang salah karena berbeda variabel. 
<?php $nimo="gans"; echo $nimo; ?>
Keterangan :
Code diatas adalah code yang benar karena variabelnya sama :V
  • Penulisan Baris Perintah dalam PHP
Statement (baris perintah) di dalam PHP adalah kumpulan perintah PHP yang menginstruksikan PHP untuk melakukan sesuatu. Baris perintah ini bisa terdiri dari satu baris singkat (seperti perintah echo untuk menampilakan text di layar) atau bisa sesuatu yang lebih rumit dan terdiri dari beberapa baris, seperti kondisi if, atau kode perulangan (loop).
contoh :
<?php if (true) { echo "Nimo Gans"; } ?>
Keterangan :
Dari beberapa contoh baris perintah diatas, ada yang menggunakan tanda semicolon (titik koma) ";” sebagai tanda akhir baris perintah. Namun, kumpulan baris perintah yang menggunakan tanda kurung kurawal seperti kodisi IF atau perulangan (loop) tidak membutuhkan tanda titik koma setelah kurung penutup.
  • Karakter Spasi dan Tab
Biasanya karakter spasi dan tab selalu terabaikan. Kalian boleh memecah sebuah statement menjadi beberapa baris, atau menyatukan beberapa statement dalam sebuah baris yang panjang.
contoh :
a. Statement dalam beberapa baris.
<?php $nimo = "tamvan"; echo "kalimat pertama. "; echo "Kalimat kedua."; ?>
b. Statement dalam satu baris.
<?php $nimo = "tamvan"; echo "kalimat pertama. "; echo "Kalimat kedua."; ?>
Walaupun contoh diatas berbeda dalam baris, namun fungsinya akan sama. Dari contoh diatas memiliki keuntungannya masing-masing. contoh pertama memiliki keuntungan memudahkan kita untuk membaca atau mengoreksinya. Sedangkan contoh yang kedua memiliki keuntungan menghemat tempat. Mimin sih menyarankan pake yang contoh pertama, karena kita akan mudah membacanya :V

Sekian dulu gan :V
Kalo ada yang kurang ngerti comment aja :*

Previous Post
Next Post

0 comments: