Saturday 31 March 2018

Tingkatan-tingkatan Hacker menurut keahliannya

Author : Anonimokerl

Hae!1!1!1 Berjumpa lagi dengan mimin yang tamvan. Kali ini mimin akan membahas tingkatan-tingkatan seorang hacker menurut keahliannya.


Okey, langsung simak aja tingkatan-tingkatan seorang hacker menurut keahliannya :
  • Lamer 
Lamer adalah orang tanpa pengalaman & pengetahuan yang ingin menjadi Hacker (wanna-be Hacker). Biasanya mereka ingin menjadi hacker karena terinspirasi dari suatu berita ataupun dari suatu film, seperti film who am i. 
  • Script Kiddie
Seperti juga Lamer, pada level ini mereka hanya mempunyai pengetahuan teknis networking yang sangat minimal. Biasanya mereka melakukan hacking dengan memakai tools yang sudah ada.
  • Hacking Group
Hacking Group adalah kumpulan orang yang memiliki visi misi yang sama, biasanya mereka bertemu di media sosial dan membuat suatu kelompok atau organisasi. 
  • Hacktivist
Hacktivist merupakan kumpulan hacker yang memiliki level lebih tinggi dengan tujuan yang sama. Biasanya, ada pesan politis atau sosial di balik aktivitas meretas mereka. Salah satu hacktivist yang paling dikenal adalah Anonymous yang memiliki anggota dari berbagai belahan dunia.
  • BlackHat
BlackHat adalah istilah teknologi informasi dalam yang mengacu kepada para peretas yang menerobos keamanan sistem komputer tanpa izin, umumnya dengan maksud untuk mengakses komputer-komputer yang terkoneksi ke jaringan tersebut.
  • White Hat
White Hat adalah istilah teknologi informasi yang mengacu kepada peretas yang secara etis menunjukkan suatu kelemahan dalam sebuah sistem komputer.
  • Organized Criminal Gangs
Memasuki level hacker yang berbahaya, tersebutlah Organized Criminal Gangs. Sesuai dengan namanya, hacker-hacker ini tidak hanya sebagai seorang peretas, tapi juga gangster yang bernaung dalam organisasi kriminal. Nggak ada orang cupu di sini. Semuanya adalah hacker-hacker pilihan dengan kemampuan yang sangat tinggi. Dengan aksi yang sangat sulit dideteksi, geng peretas ini akan dengan mudah melewati pantauan pihak keamanan dalam melakukan kejahatannya.
  • Nation States
Masuk ke level yang lebih tinggi, terdapat Nation States, yaitu hacker yang mengincar infrastruktur penting, seperti data-data milik pemerintah, publik, finansial, hingga militer. Mereka juga punya senjata berupa virus yang bisa bikin korbannya kalang kabut. Salah satu contoh kegiatan Nation States adalah serangan ke database milik pemerintah Iran dengan memakai virus Flame di tahun 2012 silam.


Itulah beberapa tingkatan hacker menurut keahliannya.
Previous Post
Next Post

0 comments: